Surat Resmi & Seluk Beluknya

Selamat datang kawan, salam hangat dari kami Mahasiswa(i)PBSID FKIP Unlam Banjarmasin. Pada laman ini kami menyajikan berbagai informasi tentang seluk beluk Surat Resmi. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, indikator pembuatan, serta contoh surat resmi, dll. Semuanya kami rangkum dalam sebuah pembahasan yang jelas dan mudah dimengerti. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Contoh Surat Resmi pada ruang lingkup umum.
(klik 1x pada gambar untuk melihat objek lebih jelas)



Contoh Surat Resmi pada ruang lingkup Instansi Pemerintahan.
(klik 1x pada gambar untuk dapat melihat objek lebih jelas)






Contoh Surat Resmi pada ruang lingkup sekolah 
(klik 1x pada gambar untuk melihat objek lebih jelas)




Surat resmi adalah surat yang ditulis dari lembaga/ ke /lembaga lainnya yang ditulis untuk menyampaikan sesuatu atau berita.
Yang ada dalam surat resmi adalah:
-1.Kepala surat
-2.Tempat dan tanggal lahir
-3.Nomor surat,Perihal Lampiran
-4.Nama dan alamat yang dituju
-5.Salam pembuka
-6.Isi surat
-7.Salam penutup
-8.Nama dan tanda tangan pengirim
Surat resmi menggunakan bahasa yang baku,inilah perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi untuk lebih jelasnya perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi ada dibawah ini:
Surat Resmi
Surat Pribadi
-1.Menggunakan bahasa yang baku
-2.dikirim dari lembaga/ dan dikirim ke lembaga/perorangan/
-3.Ada kepala surat
-4.Ada nomor surat,perihal dan,lampiran
-1.Bahasa tidak haruas baku
-2.Dikirim untuk keluarga,saudara,dan teman
-3.Tidak ada kepala surat
-4.Tidak ada nomor surat,perihal,dan lampiran

Teman-teman Mahasiswi PBSID Reg B 2011 (versi lucu)

Waahh....pada eksis semua nih anak-anak PBSI :D


Membuat sebuah contoh surat dinas yang benar kadang tidak mudah, karena untuk menyusun contoh surat resmi maka diperlukan ketelitian dalam penggunaan kata kata serta gaya bahasanya. Dalam surat resmi, pola kalimat yang digunakan tidak sama dengan surat tidak resmi atau surat pribadi.

Pada penulisan contoh surat resmi, penggunaan kata-kata serta urutannya harus benar, seperti adanya kop surat, lampiran, serta tembusan surat yang benar. Jika kalian masih bingung dalam menyusun surat dinas yang benar, maka dibawah ini ada satu contoh surat resmi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Contoh Surat Resmi : Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Resmi


SMK NEGERI TEPUS
Jl. Pule Gundes Tepus Gunungkidul
No. Telp. 021-780000000
Nomor : 013/SMK Plt.Jy/XII/2012 Jakarta, 22 April 2012
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Pemberitahuan

Kepada
Yth, Bapak/Ibu/Orang Tua/Wali Murid
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Agar terwujudnya keinginan anak-anak kami semua yaitu lulus dengan nilai yang sempurna, kami telah membuat suatu langkah agar anak-anak Ibu dan Bapak semua dapat lulus dengan hasil yang maksimal.
Harapan kami Bapak dan Ibu berkenan memberikan motivasi demi kesuksesan program belajar kami yaitu sukses mencapai UN. Acara ini akan kami selenggarakan pada:

Hari, tanggal : Senin, 23 April 2012
Waktu : 08.00-12.00 WIB
Tempat : Ruang Pertemuan Lt. 2
Motivator : Bpk. Karyo Sentono

Tujuan dari acara ini adalah agar Bapak dan Ibu dapat memberikan motivasi dan dukungan semangat belajar kepada siswa. Dengan dukungan dari Bapak dan Ibu sekalian, kami berharap anak murid dapat lebih efisien mempergunakan waktu yang singkat ini untuk rajin belajar.
Sekian pemberitahuan dari kami. Atas perhatianyya kami ucapkan terima kasih.


Kepala Sekolah SMK N Tepus


Bpk. Sudiyono

Tembusan :
Ketua Yayasan SMK N Tepus



Demikian tadi sebuah contoh surat formal yang semoga dapat membantu tugas kalian dalam penyusunan surat, silahkan kata kata dan susunannya disesuaikan dengan surat yang sedang kalian selesaikan.


Ada beberapa ahli bahasa yang membahas tentang pengertian surat. Pendapat antara ahli yang satu dengan yang lain tentu berbeda karena mereka berangkat dari sudut yang berbeda pula. Darji (1978: 8) mengemukakan bahwa surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis kepada pihak lain baik atas hama sendiri ataupun jabatannya dalam organisasi. Selanjutnya apabila terjadi hubungan terus menerus antara dua belah pihak yang dilakukan dengan saling berkirim surat, maka terjadilah surat menyurat diartikan sebagai suatu aktivitas berkirim-kiriman surat. Jadi apabila seseorang menerima surat, dan kemudian membalas maka terjadilah aktivitas surat menyurat. Pengertian surat menyurat dalam arti luas meliputi semua aktivitas tata usaha yang berhubungan dengan surat, yaitu membuat surat, menggandakan surat dan mengarsipkan surat.
Berdasarkan pendapat kedua ahli di atas dapat disimpulkan, bahwa surat adalah karangan jenis paparan yang berisikan maksud dan tujuan yang diinginkan oleh pembuat surat, sedangkan surat menyurat adalah kegiatan berkomunikasi yang saling membahas antara pihak pertama dengan pihak kedua dengan menggunakan surat sebagai alatnya.

Pengertian Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi
Surat Resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Dalam penulisan surat resmi yang baik dan benar terdapat ketentuan tertentu yang perlu diperhatikan. 
Ciri-ciri Surat Resmi
  • Menggunakan kop atau kepala surat, apa bila surat tersebut dikeluarkan oleh organisasi tertentu
  • Terdapat Nomor surat,lampiran dan perihal
  • Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang lazim digunakan
  • Menggunakan bahasa resmi yang sesuai dengan EYD atau aturan bahasa yang baik
  • Menyertakan stempel atau cap dari lembaga resmi
Untuk mempermudah dalam membuat surat resmi yang baik dan benar, terdapat susunan atau urutan  format kerangka surat resmi yang terdiri dari beberapa bagian yaitu:

Bagian-Bagian Surat Resmi
  1. Kop / Kepala Surat
  2. Tanggal 
  3. Nomor Surat
  4. Lampiran 
  5. Hal
  6. Alamat Tujuan
  7. Salam Pembuka
  8. Isi Surat
  9. Salam Penutup
  10. Pengirim
  11. Tembusan
  12. Inisial
Kop / Kepala Surat
Dalam penulisan surat resmi  menggunakan kop / kepala surat apabila surat tersebut dikelurakan oleh instansi atau organisasi tertentu. Kop / kepala surat umumnya mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, fax, alamat email dan alamat situs website. Selain itu juga menggunakan logo atau lambang instansi terkait diletakkan di sebelah kiri kop surat.

Tanggal Surat
Dalam penulisan tanggal dalam surat resmi yang baik dan benar, lihat contoh format tanggal dibawah ini. Penulisan tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya sema dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala surat dan alamat tujuan.

Contoh penulisan tanggal yang benar : 13 Juli 2012
Contoh penulisan tanggal yang salah  :
Kuala Tungkal, 13 Juli 2012
Kuala Tungkal, 13-7 2012
Kuala Tungkal : 13 Juli 2012
13-Juli-2012
13 Juli 12
Nomor Surat
Dalam penulisan surat resmi, Nomor surat merupakan salah satu bagian dalam membuat surat resmi. Nomor surat resmi umumnya ditulis dengan kombinasi angka dan huruf. huruf menandakan instansi yang membuat surat resmi tersebut sedangkan angka digunakan untuk menentukan periode atau waktu surat tersebut diterbitkan.
Contoh Penulisan Nomor Surat Resmi yang benar :

Nomor: 113/U/OSIS/2012
No: 113 / U /OSIS / 2012
Nomor: 113.U.OSIS.2012

Alamat Tujuan
Dalam penulisan alamat tujuan surat, sebaiknya gunakan nama orang disertai jabatannya, atau gunakan jabatannya saja jangan menggunakan instansinya.  
Contoh:
Yth. Bapak Muhammad Iqbal
Bendaharawan Gaji
Kantor  Penanggulangan Kebakaran
Tanjung Jabung Barat
Kuala Tungkal

Tim Kreatif : G.W. Yudani, Rini Aulia & Shabrina

Kawasan Wajib Senyum

Foto Saya
Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Selamat datang kawan, salam hangat dari kami Mahasiswa(i)PBSID FKIP Unlam Banjarmasin. Pada laman ini kami menyajikan berbagai informasi tentang seluk beluk Surat Resmi. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, indikator pembuatan, serta contoh surat resmi, dll. Semuanya kami rangkum dalam sebuah pembahasan yang jelas dan mudah dimengerti. Semoga bermanfaat. Terima kasih.