Pengertian Surat Resmi
Pengertian Surat Resmi
Surat Resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi,
baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Dalam penulisan surat
resmi yang baik dan benar terdapat ketentuan tertentu yang perlu
diperhatikan.
Ciri-ciri Surat Resmi
- Menggunakan kop atau kepala surat, apa bila surat tersebut dikeluarkan oleh organisasi tertentu
- Terdapat Nomor surat,lampiran dan perihal
- Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang lazim digunakan
- Menggunakan bahasa resmi yang sesuai dengan EYD atau aturan bahasa yang baik
- Menyertakan stempel atau cap dari lembaga resmi
Untuk mempermudah dalam membuat surat resmi yang baik dan benar,
terdapat susunan atau urutan format kerangka surat resmi yang terdiri
dari beberapa bagian yaitu:
Bagian-Bagian Surat Resmi
- Kop / Kepala Surat
- Tanggal
- Nomor Surat
- Lampiran
- Hal
- Alamat Tujuan
- Salam Pembuka
- Isi Surat
- Salam Penutup
- Pengirim
- Tembusan
- Inisial
Dalam penulisan surat resmi menggunakan kop / kepala surat apabila
surat tersebut dikelurakan oleh instansi atau organisasi tertentu. Kop /
kepala surat umumnya mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor
telepon, fax, alamat email dan alamat situs website. Selain itu juga
menggunakan logo atau lambang instansi terkait diletakkan di sebelah
kiri kop surat.
Tanggal Surat
Dalam penulisan tanggal dalam surat resmi yang baik dan benar, lihat contoh format tanggal dibawah ini. Penulisan tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya sema dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala surat dan alamat tujuan.
Contoh penulisan tanggal yang benar : 13 Juli 2012
Contoh penulisan tanggal yang salah :
Kuala Tungkal, 13 Juli 2012
Kuala Tungkal, 13-7 2012
Kuala Tungkal : 13 Juli 2012
13-Juli-2012
13 Juli 12
Tanggal Surat
Dalam penulisan tanggal dalam surat resmi yang baik dan benar, lihat contoh format tanggal dibawah ini. Penulisan tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya sema dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala surat dan alamat tujuan.
Contoh penulisan tanggal yang benar : 13 Juli 2012
Contoh penulisan tanggal yang salah :
Kuala Tungkal, 13 Juli 2012
Kuala Tungkal, 13-7 2012
Kuala Tungkal : 13 Juli 2012
13-Juli-2012
13 Juli 12
Nomor Surat
Dalam penulisan surat resmi, Nomor surat merupakan salah satu bagian dalam membuat surat resmi. Nomor surat resmi
umumnya ditulis dengan kombinasi angka dan huruf. huruf menandakan
instansi yang membuat surat resmi tersebut sedangkan angka digunakan
untuk menentukan periode atau waktu surat tersebut diterbitkan.
Nomor: 113/U/OSIS/2012
No: 113 / U /OSIS / 2012
Nomor: 113.U.OSIS.2012
Alamat Tujuan
Dalam penulisan alamat tujuan
surat, sebaiknya gunakan nama orang disertai jabatannya, atau gunakan
jabatannya saja jangan menggunakan instansinya.
Contoh:
Yth. Bapak Muhammad Iqbal
Bendaharawan Gaji
Kantor Penanggulangan Kebakaran
Tanjung Jabung BaratKuala Tungkal
0 komentar:
Posting Komentar